• Waktu Layanan : 24Jam
blog-img-10

Posted by : Hakim

Cara Memanfaatkan Ekonomi Digital

Seperti yang kita ketahui bersama bahwa perkembangan ekonomi digital membuat seluruh kegiatan sehari-hari menjadi lebih praktis. Contohnya, saat ini Anda sudah tidak perlu lagi ke toko untuk berbelanja kebutuhan tertentu. Anda tinggal melakukan transaksi secara online saja.

Terdapat banyak sekali contoh kemudahan yang ada karena perkembangan ekonomi digital saat ini. Berbagai kemudahan tersebut secara otomatis mampu membuka banyak peluang bisnis untuk Anda.

Lantas, apa saja peluang bisnis dari adanya perkembangan ekonomi digital di Indonesia? Nah, pada kesempatan kali ini, kami akan menjelaskannya secara lengkap khusus untuk Anda.

Apa Itu Ekonomi Digital?

Pengertian umum ekonomi digital adalah seluruh kegiatan ekonomi yang menggunakan bantuan internet dan juga kecerdasan buatan atau AI (Artificial Intelligence).

Ekonomi digital mampu membuat perubahan pada kegiatan ekonomi masyarakat dan bisnis, dari yang awalnya manual menjadi serba otomatis. Sehingga, setiap kegiatan sehari-hari dan bisnis bisa dilakukan dengan mudah dan juga cepat.

Kita tentu tahu bahwa sebelum adanya ekonomi digital, diperlukan biaya dan juga waktu yang lebih banyak untuk bisa membangun toko fisik. Tap sekarang, bisnis bisa mulai dijalankan dengan lapak marketplace gratis atau dengan membuka website toko online saja.

Pun sama halnya dengan proses pembayaran yang ada di dalamnya yang turut mengalami perubahan. Jika sebelumnya pembayaran harus dilakukan dengan uang tunai di toko fisik, maka saat ini e-wallet mempermudah siapa saja dalam melakukan pembayaran online, kapan pun dan dimanapun pelanggan inginkan.

Perubahan kegiatan yang sudah serba online ini menjadi pertanda nyata bahwa ekonomi digital terus mengalami perkembangan. Dilansir dari laman greenhouse, sebanyak 2000 perusahaan startup terus berlomba melakukan go online dalam berbagai jenis industri. Cara yang mereka lakukan adalah dengan membuat aplikasi yang mampu mempermudah kegiatan masyarakat sehari-hari.

Contoh Perkembangan Ekonomi Digital dan Dampaknya

1. Transportasi

Karena adanya perkembangan ekonomi digital, maka sekarang kita sudah tidak perlu lagi menunggu ojek di pangkalannya. Cukup dengan beberapa kali klik saja pada smartphone, maka ojek yang Anda pesan bisa datang menjemput Anda. Hal tersebut bisa terwujud dengan adanya aplikasi Gojek.

Bahkan, Gojek juga mengembangkan layanan pesan antar makanan serta belanja harian. Sehingga, keberadaan aplikasi ini membantu para pelaku UMKM untuk lebih mudah dalam menyalurkan produknya.

Masih bersumber dari laman greenhouse, transaksi yang dihasilkan oleh aplikasi Gojek terus berkembang senilai Rp 2 miliar setiap tahunnya. Pendapatan ini berasal dari 142 juta pengguna aplikasi Gojek yang berada di Indonesia.

2. Kesehatan

Pengguna layanan kesehatan pun saat ini sudah tidak perlu lagi pergi ke rumah sakit. Dengan kehadiran aplikasi layanan kesehatan seperti Halodoc, konsultasi dengan dokter dan membayar resep obat pun kini bisa dilakukan secara online.

Kehadiran aplikasi ini pun secara otomatis menjadi solusi atas permasalah pasien rumah sakit, seperti padatnya antrean dan juga jarak ke rumah sakit yang jauh.

Dari sisi bisnis, banyak pihak rumah sakit dan juga apotek yang terbantu peningkatan pendapatannya karena menjalin kerjasama dengan aplikasi tersebut. Dilansir dari website bisnis, sebanyak 70% pendapatan apotek kecil saat ini berasal dari aplikasi Halodoc.

3. Perbankan

Proses bisnis yang saat ini sudah serba digital dan otomatis membuat industri keuangan terus berlomba dalam membangun fintech, seperti e-wallet yang dibuat oleh perusahaan startup OVO dan DANA.

Dengan adanya e-wallet, kegiatan jual beli kini bisa dilakukan dengan cepat dan mudah. Karena, masyarakat mampu melakukan kegiatan transaksi nontunai dengan menggunakan aplikasi.

Selain itu para pebisnis UMKM juga turut terbantu, karena e-wallet mampu mencatat transaksi yang rapi dan juga sistematis. Sehingga, mereka bisa lebih mudah dalam membuat laporan keuangannya.

4. Bisnis

Selain mampu mempermudah pencatatan keuangan, ekonomi digital juga mampu menekan biaya bisnis UMKM. Kenapa? karena saat ini masyarakat sudah tidak perlu lagi membangun toko fisik yang mahal untuk berbisnis. Mereka cukup membuat lapak secara gratis di berbagai marketplace yang saat ini sudah banyak tersedia.

Selain itu, marketplace juga banyak membantu bisnis kecil dalam memperluas jangkauan pemasaran produk tanpa adanya hambatan jaran dan juga waktu, karena, marketplace saat ini sudah banyak yang melakukan kerjasama dengan jasa logistik antar kota dan provinsi

Ambulance Service
530 5300
Hotline
(0274) 620-333
WA Service
0811-294-5577
Kamar Update