Digital Branding
Pengertian Digital Branding
Agar bisa memahami lebih dalam tentang pengertian digital branding, maka Anda harus mengetahui terlebih dahulu tentang arti sebenarnya dari branding, serta komponen apa saja yang ada di dalamnya. Untuk itu, simaklah penjelasan tentang branding ini.
Apa itu Branding?
Branding merupakan sebuah upaya kreatif dalam memberikan informasi pada masyarakat tentang perusahaan Anda. Dengan adanya branding, bisnis Anda akan lebih lebih berkesan bagi masyarakat sehingga akan lebih mudah dan akan selalu teringat.
Lantas, Apa itu Digital Branding?
Digital branding merupakan proses membangun dan membingkai brand Anda secara online, seperti dengan menggunakan website, aplikasi, sosial media, dll.
Digital branding merupakan salah satu cara yang paling masuk akal dalam menyampaikan keunggulan produk Anda di era komunikasi online seperti saat ini. Selain itu, digital branding juga sangat membantu dalam hal membangun koneksi dengan pelanggan.
Melalui digital branding, maka Anda akan lebih mudah dalam menunjukkan kehadiran bisnis Anda di dalam dunia digital. Sekaligus mampu membantu Anda dalam hal menjalankan beragam strategi marketing.
Tapi, Apa Bedanya Digital Branding dengan Digital Marketing?
Jika digital marketing lebih menitikberatkan pada peningkatan jumlah penjualan, maka digital branding akan lebih fokus dalam meningkatkan hubungan baik dengan para pelanggan. Walaupun sama-sama dilakukan dalam dunia digital, namun tujuan serta fungsi keduanya sangat berbeda.
Apa Pentingnya Digital Branding bagi Bisnis Saya?
Digital branding sangatlah penting karena dengan digital branding maka Anda akan mampu membangun ikatan yang erat dengan pelanggan. Kenapa demikian? Karena tentu saja kita saat ini hidup di era digital. Hampir semua orang rasanya mampu memanfaatkan teknologi internet untuk bisa berkomunikasi dan juga memenuhi beragam kebutuhannya.
Selain itu, persaingan bisnis tentu akan semakin ketat jika ada banyak bisnis yang go online. Sehingga, Anda harus menerapkan konsep digital branding ini jika bisnis Anda ingin tetap terlihat menarik dan juga unik di mata pelanggan Anda.
Saat inipun sudah banyak sekali peluang usaha yang muncul. Sehingga Anda harus terus waspada dengan adanya jumlah kompetitor yang sewaktu-waktu bisa meningkat.
Selain itu, digital branding juga sangat penting karena memiliki manfaat lain yang sangat penting dalam bisnis Anda, berikut ini adalah manfaatnya.
-
Menciptakan Interaksi yang Baik Dengan Pelanggan
Teknik digital branding akan memberikan kesempatan untuk Anda dalam membangun interaksi yang baik dengan masyarakat. Contoh cara sederhananya adalah dengan menciptakan suatu GIF dalam menampilkan fitur terbaik dalam bisnis Anda. Atau bisa juga dengan konsep storytelling. Nantinya, calon pelanggan Anda akan memilih sendiri produk mana yang paling dekat dengan tingkat emosional mereka.
-
Lebih Muda Diingat
Anda bisa menggunakan berbagai platform media sosial dalam memasarkan produk Anda agar lebih mudah diingat oleh pelanggan. Selain itu, Anda juga bisa mengadopsi berbagai tren internet yang saat ini sedang berlangsung agar masyarakat bisa lebih mengingat brang Anda.
-
Menonjolkan Brand Anda
Sebagai daya tarik, Anda bisa menggunakan sisi unik tersendiri dari brand Anda. Sehingga, brand Anda akal lebih terlihat menonjol dari brand lainnya.
-
Memperluas Koneksi
Jika konsep digital branding Anda berhasil, maka Anda akan lebih mudah dalam memperluas koneksi bisnis Anda. Dalam hal ini, Anda bisa memanfaatkan beragam platform online yang sudah populer demi memperluas koneksi bisnis Anda. Bukalah pintu kesempatan yang lebar untuk menjalankan kerjasama dengan bisnis lain yang memiliki visi dan misi serupa.
Dalam dunia online seperti saat ini, membuat konten viral merupakan hal yang biasa. Meskipun tidak bisa direncanakan secara menyeluruh, dan pada umumnya konten viral biasa disebabkan hanya karna adanya faktor keberuntungan. Namun, bukan hal yang mustahil bisnis Anda bisa viral. Kuncinya adalah konsisten. Publish lah berbagai konten menarik sesering mungkin dan sebanyak mungkin. Lalu perkuat strategi marketing Anda. Semakin besar upaya Anda dalam mempopulerkan bisnis, maka akan semakin besar juga tingkat kesempatan Anda untuk bisa viral.